11 kasiat buah nangka

11 kasiat buah nangka

Jackfruit- Jakarta — Buah nangka, juga disebut jackfruit, berasal dari pohon nangka Artocarpus heterophyllus, yang memiliki banyak nutrisi dan senyawa penting, seperti vitamin A, vitamin C, serat, antioksidan, potasium, dan mangan. Buah-buah ini memiliki banyak manfaat.

Kulit buah ini kasar dan berlekuk-lekuk, berwarna hijau atau kuning, bergantung pada seberapa tua buah tersebut. Meskipun berkhasiat, jangan makan terlalu banyak karena buah ini mengandung banyak gas.

Buah Nangka: Manfaat Kesehatan

Selain banyak vitamin dan mineral, seperti mangan, magnesium, kalium, tembaga, riboflavin, vitamin A, dan C, buah nangka juga mengandung karbohidrat, serat, dan protein.

Selain itu, Artocarpus heterophyllus mengandung banyak jenis antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan.

Setelah mengetahui kandungan nutrisi buah nangka, berikut beberapa manfaat kesehatan yang dapat diperoleh dari buah nangka:

  1. Nangka Mencegah kanker: Kandungan antioksidan dalam nangka, seperti isoflavon, fitonutrien, lignin, dan saponin, memiliki kemampuan untuk mencegah kanker. Hal ini disebabkan oleh kemampuan mereka untuk mencegah masuknya radikal bebas ke dalam tubuh.

Namun, radikal bebas adalah zat yang dapat merusak sel-sel sehat sehingga memicu kanker. Namun, efektivitas nangka dalam mencegah kanker masih perlu dipelajari.

  1. Nangka Meningkatkan fungsi kekebalan tubuh: Antioksidan dan vitamin C-nya membantu memperkuat daya tahan tubuh selain mencegah kanker.

Studi yang diterbitkan dalam International Journal of Food Science menunjukkan bahwa nangka mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh.

Kulit, daun, dan buah nangka memiliki banyak manfaat. Ada antimikroba, antijamur, antiinflamasi, penyembuhan luka, dan efek hipoglikemik.

Mengonsumsi buah-buahan ini dapat membantu mengurangi risiko terserang penyakit dan menghindari infeksi berbahaya.

Selain itu, buah nangka adalah salah satu makanan yang paling sehat karena kaya akan vitamin C, A, antioksidan, dan berbagai mineral yang membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan yang kuat pasti dapat membantu tubuh melawan berbagai penyakit.

  1. Nangka Melindungi sel DNA Selanjutnya, kandungan antioksidan buah kuning keemasan ini melindungi sel DNA tubuh.

Radikal bebas menyebabkan kerusakan sel ini dan mengubah sel DNA, yang dapat menyebabkan penyakit berbahaya seperti kanker.

  1. Nangka Menyehatkan pencernaan:
    Studi tentang nutrisi dan makanan fungsional dalam meningkatkan pencernaan, metabolisme, dan kesehatan kekebalan menemukan bahwa nangka mengandung banyak serat, yang dapat membantu pergerakan usus, sehingga BAB menjadi lebih mudah.

Getah nangka yang biasanya mengganggu ini juga dapat membersihkan saluran usus karena mengandung serat yang berfungsi untuk mengeluarkan racun dari sistem pencernaan.

  1. Nangka Menjaga kesehatan kulit:
    Kandungan antioksidan dalam nangka dapat membantu memperlambat aktivitas radikal bebas, yang dapat mempercepat penuaan dini.

Oleh karena itu, buah ini sangat disarankan untuk orang-orang yang sering berada di luar ruangan dan terpapar sinar ultraviolet (UV), asap kendaraan, dan polusi.

Selain memiliki sifat antioksidan, buah ini juga mengandung vitamin C, yang diperlukan tubuh untuk memproduksi kolagen, yang berfungsi untuk mengencangkan kulit, mencegah kerutan, dan membuatnya terlihat lebih bercahaya.

Selain nangka, ada banyak buah lain yang lezat dan kaya nutrisi yang baik untuk kulit Anda. Informasi lebih lanjut dapat ditemukan dalam artikel berikut: Rutin Konsumsi Buah Ini untuk Menutrisi Kulit dari Dalam.

  1. Nangka Meningkatkan Kesehatan Jantung:
    Buah nangka juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Kandungan potasium, serat, dan antioksidan dalam nangka bertanggung jawab atas manfaat ini.

Sebabnya adalah bahwa ketiga bahan ini dapat meningkatkan aliran darah ke jantung dan mengurangi penumpukan plak, yang dapat menghentikan aliran darah.

  1. Nangka Mengurangi kemungkinan peradangan Makanan yang mengandung vitamin C tinggi dapat membantu mengurangi tingkat peradangan dalam tubuh. Ini termasuk buah ini juga. Penurunan peradangan dapat mencegah penyakit kronis.
  2. Nangka Membantu menurunkan berat badan, tentu saja jika dikombinasikan dengan diet sehat. Nangka mengandung banyak serat, tetapi tidak sebanyak kacang hijau atau makanan lain.

Serat, yang baik untuk pencernaan, dapat membantu mengelola berat badan karena membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan tidak ingin ngemil.

  1. Nangka Salah satu sumber karbohidrat terbaik: Nangka memiliki 94 kalori per 100 gram, membuatnya kenyang dan penuh energi.

Selain memiliki sifat antioksidan, buah ini juga mengandung vitamin C, yang diperlukan tubuh untuk memproduksi kolagen, yang berfungsi untuk mengencangkan kulit, mencegah kerutan, dan membuatnya terlihat lebih bercahaya.

  1. Nangka Menyehatkan sistem saraf:
    Buah nangka mengandung vitamin B kompleks yang penting untuk menjaga kesehatan sistem saraf.

Vitamin B kompleks mengurangi stres, meningkatkan kualitas tidur, dan membantu menjaga fungsi saraf yang optimal.

  1. Nangka Meningkatkan metabolisme:
    Buah nangka mengandung vitamin B kompleks yang membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Metabolisme yang sehat membantu tubuh membakar kalori dengan lebih efisien, menjaga berat badan yang sehat, dan memberikan energi yang cukup.

Mengonsumsi buah nangka memiliki banyak manfaat kesehatan, jadi tidak ada salahnya untuk menjadi salah satu makanan sehat.

Tanyakan kepada dokter spesialis gizi jika Anda atau seseorang dalam keluarga Anda masih memiliki pertanyaan tentang kandungan buah-buahan tertentu, seperti nangka.-nangka

Pengolahan Media Tanam

1) Persiapan: Sebelum kegiatan penanaman dimulai, pemeriksaan lapangan harus dilakukan. Hasil pemeriksaan ini akan membantu menentukan batas-batas area.
Gulma, genangan air, struktur, dan pola tekstur tanah adalah komponen yang harus diperbaiki atau dikendalikan untuk mempengaruhi pertumbuhan tanaman nangka. Oleh karena itu, lapangan harus dibersihkan secara menyeluruh, dibuat sistem drainase, dan diolah tanah, terutama di lokasi yang akan dibuat lobang tanam.

  1. Pembuatan Bedengan: Beberapa persyaratan yang perlu diperhatikan saat membuat bedengan pembibitan adalah sebagai berikut:

a) Ukuran bedengan dapat bervariasi, tetapi biasanya antara 5 x 1 m atau 10 x 1 m.

b) Bedengan membusur dari utara ke selatan, dan pinggirnya diperkuat dengan bambu, batu merah, atau kayu, dan permukaannya ditinggikan sekitar sepuluh hingga lima belas sentimeter dari permukaan tanah.

c) Jalan pemeriksaan dibuat di setiap 5–10 m bedengan dan jarak antara bedengan adalah 0,45 m.

d) Saluran air dibuat di sepanjang sisi kiri dan kanan pemeriksaan.

e) Tutup bedengan dengan atap yang terbuat dari nipah atau sarlom. Sisi yang menghadap ke timur dibangun lebih tinggi daripada sisi yang menghadap ke barat.

f) Kantong plastik disusun di dalam bedengan dan diisi dengan media tumbuh. Bagian bawahnya diberi lobang kecil. Media pertumbuhan yang digunakan adalah campuran tanah lapisan olah, pupuk organik, dan pasir halus dengan perbandingan 2:1:1. Kantong plastik yang digunakan berukuran 20 x 30 cm, tebal 0,08 mm, dan berwarna hitam.

3) Pengapuran: Jika pH tanah terlalu asam atau basa, perlu dilakukan beberapa hal untuk memastikan bahwa nangka tumbuh dengan baik dan mendapatkan hasil terbaik. Jika pH terlalu asam (kurang dari 5) dan jika pH terlalu basa (lebih dari 7) maka belerang dapat ditambahkan. Sementara dosis yang disarankan adalah 1 kilogram kapur atau belerang per meter kubik lobang tanam, ini tergantung pada kondisi tanah.

4) Pemupukan:
Untuk meningkatkan pH, tanah hasil galian dicampur dengan pupuk kandang 20 kg/lubang dan dolomit 0,5 kg/lubang. Dua hingga tiga minggu sebelum penanaman, tanah campuran ini dimasukkan ke lubang. Seminggu lebih awal

Pupuk NPK (15-15-15) 100 gram dimasukkan ke dalam lubang penanaman.

Artikel lainya